Google Search

Tuesday, February 7, 2017

Akibat Perang Dunia II

Perang Dunia II terjadi antara tahun 1939 sampai dengan 1945. Perang ini juga menyebabkan timbulnya suatu perubahan pada bidang ekonomi, politik, sosial hingga kerohanian di berbagai negara di dunia. Berikut ini beberapa perubahan akibat perang dunia II yang harus kamu ketahui.
A. Bidang Politik.

1.        Munculah dua negara dengan kekuatan besar (adidaya). Diantaranya Amerika Serikat yang mempelopori ideologi Demokrasi Liberalnya (liberalisme), Sementara itu Uni Soviet yang bertahan dengan ideologi komunisnya.
2.        Perebutan hegemoni berlangsung di antara kedua Ideologi yang berbeda mengakibatkan munculnya perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara adikuasa ini saling berselisih untuk mencoba untuk mempengaruhi beberapa negara-negara yang sepaham guna membentuk suatu aliansi persekutuan, seperti NATO. Adapun aliansi yang dibentuk oleh Uni Soviet yakni Pakta Warsawa.
3.        Jatuhnya imperialis juga merupakan dari dampak berakhirnya Perang Dunia II. Hal ini berdampak pada runtuhnya semangat nasionalisme di wilayah Asia dan Afrika yang membawa mereka melepaskan diri dari cengkeraman negara Asing. Negara- negara yang ingin agar segera merdeka pun mulai bermunculan seperti Indonesia, Filipina, Pakistan dan beberapa negara Asia Afrika lainnya.

B. BIDANG EKONOMI

Keadaan Eropa sangat kacau dan parah setelah berakhirnya Perang Dunia II. Tak lama berselang, Amerika Serikat muncul sebagai kreditor bagi seluruh dunia, khususnya Eropa.
Amerika serikat pun menyadari jika keadaan Eropa yang sedemikian rusak justru akan memudahkan komunis untuk mencengkeram wilayah tersebut, oleh karena itu mereka harus membantu. Berkaitan dengan hal diatas, berikut ini beberapa lembaga donatur yang mungkin belum kamu tahu
1.        Marshal Plan (1947), lembaga ini mempunyai kewenangan untuk memberikan bantuan ekonomi dan militer.
2.        Thruman Doctrin (1947), lembaga ini bertugas untuk membantu pertumbuhan ekonomi Yunani dan Turki.
3.        Point Four Thruman, lembaga ini berperan dalam pemberian bantuan ekonomi dan militer kepada beberapa negara yang masih terbelakang di Asia.

C. BIDANG SOSIAL.

Dalam hal ini, beberapa kerja sama antar bangsa-bangsa di dunia saling bermunculan. Salah satunya dengan mendirikan United Nation Relief  Rehabilitation Administration (UNRRA) yang dibagun atas dasar latar belakang yang sama yaitu akibat Perang Dunia II. Beberapa bentuk bantuan yang mereka bagian berupa :
1.        Memberi makanan kepada orang-orang pinggiran dan terlantar
2.        Mengurus para pengungsi serata menyatukan kembali anggota keluar yang terpisah akibat Perang Dunia II
3.        Mendirikan balai pengobatan yaitu Rumah Sakit
4.        Memperbaiki kembali tanah-tanah yang rusak.

D. BIDANG KEROHANIAN

Tiap manusia pastinya memerlukan perdamaian. Berbagai usaha telah diupayakan agar terciptanya suatu perdamaian dengan membuat sebuah lembaga, yaitu lembaga perdamaian. Dampak buruk yang ditimbulkan akibat Perang Dunia II seolah menyadarkan manusia untuk menjaga perdamaian di bumi.
Setelah Liga Bangsa-Bangsa dibubarkan, kemudian munculah sebuah Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Organization (UNO) yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945. Dengan adanya lembaga ini, sangat diharapkan jika seluruh negara di dunia dapat menjaga perdamaian untuk kehidupan yang lebih baik.


No comments:

Post a Comment