Google Search

Friday, June 2, 2017

Mengapa Orang Harus Bekerja?


 Pagi ini, ayah Adrian akan berangkat kerja. Sebagai seorang arsitek, ia sudah menyiapkan semua perlengkapan kerjanya. Ayah Adrian bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan bekerja, ayah Adrian akan memperoleh penghasilan. Penghasilan itu akan digunakan sebagai biaya kebutuhan keluarga. Untuk biaya rumah tangga, kesehatan, dan pendidikan.
Tentu ayah kamu pun bekerja. Dalam keluarga, ayah menjadi pemimpin. Ayah berkewajiban untuk mencari nafkah. Oleh karena itu, ayah bekerja.
Namun, saat ini, bukan hanya ayah yang bekerja. Ibu pun banyak yang bekerja. Ayah dan ibu saling membantu. Mereka bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
Untuk memenuhi kebutuhan hidup, orang bekerja. Mereka bekerja dengan berbagai jenis pekerjaan. Ada yang bekerja sebagai dokter, guru, supir, buruh, pegawai, atau kuli. Semua pekerjaan itu harus kita hargai. Apapun pekerjaan ayah dan ibumu, kamu harus bangga kepada mereka. Mereka bekerja untuk membesarkan dan mendidikmu.
Namun, harus diingat. Jangan sekali-kali melakukan pekerjaan yang menyalahi aturan dan tidak halal. Misalnya, mencuri. Tiap orang harus menghindari pekerjaan yang tidak halal itu meskipun sangat memerlukan uang. Pekerjaan yang tidak halal hanya akan merugikan diri sendiri dan keluarga. Bahkan, seseorang bisa dihukum karena bekerja yang tidak halal.
Selain untuk memenuhi kebutuhan, seseorang bekerja karena ingin mencapai cita-citanya. Seseorang juga bekerja dengan alasan untuk mempraktikkan ilmu yang diperolehnya. Bahkan, seseorang bekerja bisa dengan alasan ingin menjadi seorang ahli. Misalnya, seseorang bekerja sebagai montir. Melalui pekerjaannya, ia ingin menjadi ahli mesin.

Kegiatan 1

Tanyakanlah kepada orang tuamu tentang alasan mereka bekerja.Kamu dapat menanyakannya dengan bertanya jawab bersama ayah dan ibumu. Bertanyajawablah dengan baik dan tidak menyinggung perasaan. Tulislah hasil tanya jawab itu. Kemudian, ceritakan di depan kelas!

Tes Kemampuan

Jelaskan alasan-alasan seseorang bekerja!



No comments:

Post a Comment