Google Search

Monday, June 5, 2017

Ciri-ciri Semangat Kerja


Paman Indra selalu sibuk. Ia bekerja sampai malam. Namun, ia selalu semangat. Semangat merupakan perasaan bergairah yang mendorong seseorang untuk melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin. Atau Semangat adalah kemauan untuk bekerja. Ia tidak pernah memperlihatkan kelelahannya. Semangat itu membuat ia senang melakukan pekerjaannya. Dengan begitu, pekerjaannya dapat diselesaikan dengan baik. Ia pun dapat menjadi dokter yang baik.
Apakah orang tuamu selalu semangat saat bekerja? Bagaimana dengan belajarmu? Apakah kamu semangat saat belajar?
Tentu setiap orang ingin sukses. Sukses dalam pekerjaan atau belajar. Sukses dalam pekerjaan dapat diraih jika seseorang bekerja dengan semangat yang tinggi. Apa saja ciri-ciri semangat kerja yang tinggi? Untuk itu, perhatikan ciri-ciri orang yang mempunyai semangat kerja yang tinggi berikut ini.

1.       Mempunyai Watak Kerja Keras

Watak kerja keras artinya sifat seseorang yang selalu bekerja terus-menerus. Misalnya, ayah Adrian. Ia selalu memanfaatkan waktunya untuk bekerja. Ia akan langsung mengerjakan peker-jaan yang lainnya jika pekerjaan sebelumnya telah selesai.
Orang yang mempunyai watak kerja keras memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Tidak mengenal waktu saat bekerja. Orang yang bekerja keras akan melakukan pekerjaannya, kapan pun dan di mana pun.
b. Memanfaatkan waktu. Waktu benar-benar digunakan untuk bekerja, tidak ada waktu sebentar pun yang ditinggalkan untuk berleha-leha.
c. Penuh dengan gagasan baru untuk bekerja. Dengan kata lain, pekerja keras selalu menciptakan pekerjaan baru untuk mengisi waktunya.

2.       Mempunyai Jiwa Disiplin Tinggi

Disiplin artinya melaksanakan pekerjaan sesuai waktu yang telah ditentukan. Misalnya, seorang pemilik restoran mendapat pesanan makanan. Ia akan memenuhi pesanan itu sesuai waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu, ia sudah berdisiplin dan melayani pembelinya dengan baik.
Orang yang mempunyai jiwa disiplin yang tinggi akan selalu melakukan hal-hal berikut ini.
a. Menepati waktu. Seseorang yang bekerja pasti mempunyai target waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Orang yang disiplin akan melaksanakan pekerjaannya sesuai jadwal tersebut.
b. Selalu menepati janji. Orang yang mempunyai disiplin yang tinggi akan menepati janji yang dibuatnya. Apabila diperkirakan tidak bisa menepati janji, ia akan membicarakannya dengan pihak yang bersangkutan.

3.       Jujur

Orang yang jujur akan disenangi banyak teman dan orang lain. Jujur berarti berkata apa adanya dan tidak pernah berbohong. Jujur pun berarti tidak berbuat curang. Orang yang jujur memiliki sikap seperti berikut.
a. Dapat dipercaya. Perkataan dan tindakan orang jujur dapat dipercaya oleh orang lain. Hal itu karena ia tidak pernah berbohong dalam ucapannya.
b. Dapat memajukan usahanya karena kejujurannya. Kejujuran dapat membuat seseorang menjadi lebih maju dalam pekerjaannya. Hal itu karena orang mempercayainya. Misalnya, seseorang berjualan buah. Ia selalu jujur saat menimbang buahnya. Ia juga jujur dalam menyebutkan harga. Karena kejujuran itu, pembeli akan merasa senang. Oleh karena itu, pembeli akan selalu berlangganan. Jika sudah banyak pelanggan, usaha tukang buah itu akan lebih maju.

4.       Rajin dan Tekun

Seorang yang memiliki semangat kerja akan bekerja dengan rajin. Ia juga akan mengerjakan pekerjaan dengan tekun. Selain itu, orang yang semangat tidak mudah bosan dalam bekerja. Ia akan terus melakukan pekerjaannya jika belum selesai. Ia juga selalu teliti dalam bekerja. Dengan rajin dan tekun, seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Ia juga akan memperoleh hasil kerja yang maksimal.
Contohnya, seorang penjahit yang rajin dan tekun menjahit baju pelanggannya. Ia terus menjahitnya tanpa bosan. Ia juga teliti saat menjahit. Hasil jahitannya menjadi rapi. Hal itu mebuat baju jahitannya cepat selesai. Hasilnya pun memuaskan pelanggan.

5.       Mempunyai Cita-cita yang Tinggi

Orang yang bercita-cita tinggi selalu menginginkan cita-citanya terwujud. Oleh karena itu, orang tersebut selalu mempunyai semangat yang tinggi dalam bekerja. Misalnya, Paman Indra bercita-cita menjadi dokter spesialis anak. Maka, ia akan lebih semangat jika mendapatkan pasien seorang anak. Ia juga semangat dalam mempelajari ilmu-ilmu tentang kesehatan anak.

6.       Mempunyai Sifat Percaya Diri

Orang yang memiliki sifat percaya diri akan semangat saat bekerja. Ia tidak akan ragu-ragu melakukan pekerjaannya. Kepercayaan diri akan muncul jika seseorang merasa mampu melakukan pekerjaannya. Percaya diri juga bisa timbul dari dorongan teman atau keluarga. Misalnya, seorang arsitek. Ia akan percaya dirisaat memperlihatkan rancangan bangunan kepada orang yang memesan rancangannya. Kepercayaan diri itu timbul karena ia merasa yakin gambarnya sesuai dengan keinginan pemesannya. Keyakinan itu muncul karena dia mengetahui cara-cara merancang rumah.

7.       Mempunyai Sifat Pantang Menyerah

Orang yang memiliki sifat pantang menyerah akan selalu terus berusaha. Apabila pekerjaan yang satu mengalami kegagalan ia tidak putus asa dan terus mencoba lagi. Misalnya, seseorang berdagang. Dagangannya selalu sepi pembeli. Hal itu tidak membuat ia berhenti dagang. Ia terus berdagang. Ia juga berharap dagangannya akan dibeli orang.

8.       Mempunyai Pandangan Jauh ke Depan

Orang yang mempunyai pandangan jauh ke depan akan selalu berusaha untuk maju. Ia tidak mau ketinggalan oleh yang lain. Misalnya, seseorang bekerja dan memperkirakan usahanya akan berhasil. Maka, ia akan semangat saat bekerja.

Kegiatan 2

Isilah titik-titik berikut ini dengan kata-kta yang ada dalam kotak!
1. Ayah bekerja terus-menerus. Ia selalu bekerja kapan dan di mana pun. Ayah adalah seorang yang ....
2. Julia tetap berusaha saat ujiannya gagal. Ia mempelajari lagi materi yang telah diajarkan gurunya. Sikap Julia adalah ....
3. Bu Ratih berjualan ayam potong. Ia tidak pernah mengurangi kiloan. Ia juga tidak pernah membohongi para pembeli. Bu Ratih bersikap ....
4. Pa Sardi menjadi pegawai bank. Ia selalu datang ke kantor tepat waktu. Ia juga selalu menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pak Sardi memiliki sikap ....
5. Lintang ingin mendapatkan nilai yang bagus di sekolah. Untuk itu, ia belajar dengan ....

disiplin       jujur       kerja keras     tekun       pantang menyerah

Tes Kemampuan

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Mengapa kita harus bekerja keras?
2. Sikap yang seperti apa yang dikatakan disiplin?
3. Sebutkan contoh perilaku disiplin!
4. Apa manfaat bersifat jujur?
 5. Apa akibatnya jika orang tidak jujur?

No comments:

Post a Comment