Google Search

Monday, May 29, 2017

Mengenal Pekerjaan yang Menghasilkan Barang


Adrian mempunyai tetangga baru. Namanya Pak Yunus. Pak Yunus suka berkerja di rumahnya. Ia suka membuat layang-layang.
Adrian suka membeli layang-layang kepada Pak Yunus. Anak-anak lain juga suka membelinya. Akan tetapi, Adrian lebih suka melihat pembuatan layang-layang hias. Adrian suka memerhatikan Pak Yunus dan pegawainya saat menghias layang-layang. Layang-layang yang dibuat Pak Yunus bagus-bagus. Ada yang berbentuk kupu-kupu. Ada juga yang berbentuk ikan.
Apakah kamu suka melihat orang yang bekerja? Bekerja adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan penghasilan. Orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, untuk makan, kesehatan, dan pendidikan. Jenis-jenis pekerjaan antara lain guru, pembuat layang-layang, pedagang, dan petani.
Jenis pekerjaan dipengaruhi oleh keadaan alam. Misalnya, di pedesaan yang berbentuk pegunungan, penduduknya banyak yang bekerja sebagai petani kebun. Di pedesaan yang berbentuk dataran rendah, penduduknya banyak yang bekerja sebagai petani sawah.
Sementara itu, di perkotaan, pekerjaan penduduknya lebih bervariasi. Ada yang menjadi pedagang, guru, arsitek, dokter, pengusaha, pengelola rumah makan, dan sopir.
Dari semua jenis pekerjaan itu, pekerjaan dibagi dua. Pertama, pekerjaan yang menghasilkan barang. Kedua, pekerjaan yang menghasilkan jasa. Nah, sekarang kamu akan membahas pekerjaan yang menghasilkan barang.
Pekerjaan yang menghasilkan barang yaitu pekerjaan yang kegiatannya membuat barang. Misalnya, pembuat layang-layang seperti Pak Yunus. Berikut ini kamu dapat membaca beberapa jenis pekerjaan yang menghasilkan barang.

1.       Petani

Petani yaitu orang yang bekerja dalam bidang pertanian. Pertanian di sini artinya pekerjaan mengolah lahan, seperti ladang atau sawah. Petani termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang seperti padi, sayuran, dan buah-buahan. Petani dapat memasok kebutuhan pangan. Misalnya, beras dan sagu.
Pertanian terdiri atas dua jenis, yaitu pertanian rakyat dan pertanian perkebunan.
a.   Pertanian rakyat yaitu usaha pertanian yang jenis tanamannya biasanya menghasilkan bahan makanan pokok. Misalnya, padi, jagung, ketela pohon, dan sagu. Lahan pertanian rakyat berupa ladang, tegalan, dan sawah.
Cara mengolah lahan pertanian rakyat pada umumnya masih tradisional. Oleh karena itu, terkadang hasil pertanian ini kurang memuaskan. Bahkan, hasilnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga petani. Agar pendapatan petani meningkat, pemerintah mengadakan gerakan yang dinamakan Panca Usaha Tani yang berisi:
1) pemilihan bibit unggul,
2) pengolahan tanah,
3) pengairan,
4) pemupukan, dan
5) pemberantasan hama.
b.      Pertanian Perkebunan biasanya menghasilkan jenis tanaman berupa tanaman perdagangan. Misalnya, teh, kopi, cengkeh, kelapa sawit, tembakau, lada, kina, dan kapas. Tanaman-tanaman ini termasuk barang yang dapat diekspor.

2.       Peternak

Peternak merupakan pekerjaan dalam bidang peternakan hewan. Hewan yang biasa diternakkan antara lain kambing, sapi, ayam, dan burung. Barang yang dihasilkan peternak dapat berupa daging dan telur hewan. Daging dan telur merupakan sumber makanan yang memiliki protein. Protein tersebut dapat menyehatkan manusia.
Beberapa jenis peternakan dan barang yang dihasilkannya dapat dilihat pada tabel berikut ini.
No.
Jenis Peternakan
Barang yang Dihasilkan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Sapi
Domba
Kambing
Ayam
Itik
Burung puyuh
Kelinci
Susu, daging
Susu, daging, kulit, bulu
Daging, kulit
Daging, telur, bulu
Daging, telur
Telur
Daging

Di Indonesia, peternakan digolongkan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
a. Peternakan hewan besar, contoh : sapi, kuda, dan kerbau.
b. Peternakan hewan kecil, contoh : kambing, biri-biri, dan kelinci.
c. Peternakan unggas, contoh : itik, ayam, dan burung puyuh.



3.       Petani Ikan

Petani ikan yaitu orang yang bekerja membudidayakan ikan. Budidaya perikanan ada dua jenis, yaitu perikanan darat dan perikanan laut. Perikanan darat adalah usaha perikanan yang dilakukan di daratan seperti waduk, sungai, kolam, dan sawah. Perikanan laut adalah usaha perikanan yang dilakukan di laut yaitu penangkapan ikan di laut. Penangkap ikan di laut di sebut nelayan.
Petani ikan dan nelayan merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang tersebut berupa ikan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Di Indonesia, pekerjaan petani ikan dan nelayan banyak ditekuni oleh masyarakat. Hal itu didukung dengan keadaan alam Indonesia yang banyak danau, rawa, dan laut.

4.       Pengelola Industri

Industri merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Biasanya, industri menghasilkan barang untuk memenuhi keperluan dalam negeri dan ekspor ke luar negeri. Ekspor ke luar negeri berarti mengirim barang ke luar negeri. Industri banyak jenisnya, diantaranya industri makanan dan industri pakaian (konfeksi).

Kegiatan 1

Isilah kolom berikut dengan barang yang dihasilkan dari jenis pekerjaan berikut!
No.
Jenis Pekerjaan
Barang yang Dihasilkan
1.
2.
3.
4.
5.
Pabrik tempe
Konfeksi
Pabrik tahu
Petani
Peternak bebek


Tes Kemampuan

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat dan jelas!
1. Sebutkan usaha yang dapat menghasilkan barang!
2. Sebutkan contoh industri rumah tangga!
3. Apa yang dimaksud dengan perikanan laut?
4. Hewan apa saja yang termasuk peternakan hewan kecil?
5. Sebutkan ciri-ciri industri menengah!

No comments:

Post a Comment