Google Search

Sunday, May 21, 2017

Kerjasama di Sekolah


Adrian dan teman-teman sekolahnya sedang sibuk. Mereka sedang merapikan perpustakaan sekolah. Ada yang menyimpan buku ke rak.  Ada juga yang merapikan meja dan kursi-kursi. Mereka bekerjasama agar pekerjaan cepat selesai.
Apakah kamu suka bekerjasama dengan teman-teman di sekolahmu? Banyak kegiatan di sekolah yang dapat dilakukan dengan kerjasama. Kegiatan tersebut antara lain.
1.   Ikut Serta Menjaga Kebersihan Sekolah
Kebersihan sekolah dan kelas merupakan tanggung jawab siswa, guru, dan pegawai sekolah. Untuk itu, kebersihan sekolah dapat dilakukan dengan bekerjasama. Salah satu cara bekerjasama menjaga kebersihan sekolah yaitu melaksanakan piket dengan baik. Kamu dapat berbagi tugas dengan temanmu. Misalnya, kamu menyapu lantai. Temanmu mengepel. Bisa juga dilakukan dengan kerja bakti membersihkan halaman sekolah.
2.   Merawat Taman dan Kebun Sekolah
Kerjasama merawat taman dan kebun sekolah dapat dilakukan oleh semua siswa. Kamu dapat bekerjasama dengan temanmu. Misalnya, kamu menyiram tanaman. Temanmu memotong rumput. Dengan begitu, taman dan kebun sekolah akan terpelihara. Kamu pun dapat membersihkan dan merapikannya dengan cepat.
3.   Kegiatan Menyongsong Hari Besar Nasional atau Agama
Pernahkah kamu mengikuti acara hari besar nasional yang diadakan sekolahmu? Acara tersebut merupakan kegiatan yang dapat diikuti oleh seluruh siswa. Oleh karena itu, kamu dapat bekerjasama dengan siswa lain untuk menyiapkan dan mengisi acara tersebut. Misalnya, merias panggung untuk perlombaan atau hiburan.

Kegiatan 2

Pilihlah kegiatan di sekolah yang harus dilakukan dengan kerjasama atau secara sendirian. Berilah tanda centang pada kolom yang sesuai.

No.
Kegiatan
Harus Kerjasama
Harus Sendiri
1.
2.
3.
4.
5.
membersihkan halaman sekolah
membersihkan kamar mandi sekolah
mengerjakan soal ulangan
menghapus papan tulis
membayar uang sekolah



Tes Kemampuan

Lakukan kerjasama di sekolahmu dengan melaksanakan jadwal piket.
Kemudian, tulislah pekerjaan yang dilakukan oleh kamu dan temanmu saat piket tersebut! Kamu dapat menulisnya pada kolom seperti berikut.

Laporan Kerjasama Piket Kelas
Hari           :
Tanggal     :

No.
Nama
Kegiatan yang dikerjakan
1.
2.
3.
4.
5.
Roni



No comments:

Post a Comment