Google Search

Monday, May 1, 2017

Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah dan Sekolah


Lingkungan pedesaan memang sangat mengesankan. Pohon-pohon masih banyak. Sawahnya dan kebunnya masih sangat luas. Selain itu, ada juga gunung, hutan, dan danau. Karenanya, Adrian dan keluarganya benar-benar menikmati liburan di rumah nenek.
Ketika berjalan-jalan di pematang sawah, ayah bercerita. Ceritanya tentang lingkungan. Kata ayah, lingkungan di pedesaan masih alami. Di desa, kita dapat melihat kebun, hutan, sawah, gunung, rawa, danau, dan sungai. Lingkungan seperti itu disebut lingkungan alam. Berbeda dengan di kota. Di kota, sudah banyak rumah-rumah dan gedung bertingkat. Rumah dan gedung-gedung itu merupakan bagian dari lingkungan yang dibuat manusia.
Apakah kamu tahu lingkungan alam dan buatan? Lingkungan alam merupakan benda-benda yang ada dengan sendirinya. Misalnya, sungai, sawah, laut, dan hutan. Sementara itu, lingkungan buatan merupakan benda hasil buatan manusia yang menggunakan bahan dari alam. Contohnya, rumah, gedung, dan kendaraan.
Nah sekarang, kamu dapat bercerita tentang lingkungan alam dan buatan yang ada di sekitar rumah dan sekolah. Namun, sebelumnya ikuti dulu penjelasan berikut ini.

1. Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah

Kamu sudah tahu perbedaan lingkungan alam dan buatan. Sekarang ingat-ingat kembali, apakah di lingkungan rumahmu ada lingkungan alam dan buatan? Coba kamu sebutkan!
Bagi kamu yang tinggal di pedesaan, pasti masih banyak melihat lingkungan alam. Hal itu karena di desa kamu, masih banyak menemui sungai, sawah, hutan, sumur, dan ladang. Bagi kamu yang tinggal di kota, lingkungan alam seperti itu
mungkin sudah sulit ditemui. Lingkungan alam di perkotaan biasanya berupa taman di pekarangan rumah, taman di pinggir jalan, dan tanah lapangan.
Lingkungan alam dapat berubah karena kejadian alam seperti banjir, longsor, dan gunung meletus. Namun, perubahan tersebut akan terasa lama. Selain itu, lingkungan alam juga dapat berubah karena ulah manusia. Misalnya, pembangunan lahan persawahan atau perkebunan untuk rumah-rumah pemukiman, vila, pusat perbelanjaan, atau hotel.
Di lingkungan rumahmu tentu ada lingkungan buatan. Lingkungan buatan merupakan benda-benda yang dibuat oleh manusia. Contoh lingkungan buatan antara lain, rumah, kendaraan, pakaian, pagar, gedung-gedung, jembatan, dan jalan layang. Lingkungan buatan ini dibuat untuk menunjang kehidupan manusia.

2. Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Sekolah

Di sekolah, Adrian belajar di kelas. Adrian juga suka belajar dan bermain di taman sekolah. Bagaimana keadaan sekolahmu? Apakah di sekolahmu masih banyak lingkungan alam?
Lingkungan alam di sekolah di antaranya taman sekolah, tanah lapangan rumput atau tanah, dan kebun sekolah. Selain itu, ada juga hewan-hewan dan tumbuhan. Namun, bagi kamu yang tinggal di pedesaan, mungkin di sekitar sekolahmu masih banyak lingkungan alam. Misalnya, sungai, ladang, dan sawah. Di samping lingkungan alam, di sekitar sekolah juga ada lingkungan buatan. Lingkungan buatan di sekolah sengaja dibuat untuk menunjang proses belajar. Misalnya, ruang kelas, ruang perpustakaan, dan ruang guru. Ada juga buku, pensil, papan tulis, meja, dan kursi. Semua benda itu termasuk lingkungan buatan di sekolah.
Selain itu, di lingkungan sekolah juga ada lagi lingkungan buatan. Misalnya, jalan. Jika sekolahmu di perkotaan, mungkin di sekitar sekolahmu ada gedung perbelanjaan, perkantoran, atau pabrik. Gedung-gedung tersebut termasuk juga lingkungan buatan. Jadi, lingkungan buatan yang ada di sekolah adalah benda-benda yang yang dibuat oleh manusia di sekitar sekolah.

Kegiatan 1

Salinlah kolom berikut ini. Kemudian, berilah tanda bintang pada kolom yang sesuai!

No
Benda-Benda
Lingkungan Alam
Lingkungan Buatan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
rumah
kelas
ladang
perpustakaan
taman sekolah
sawah
buku
meja
sungai
kursi
sumur
kebun sekolah
lapangan rumput



Tes Kemampuan

Kerjakan soal-soal berikut dengan baik!
1. Bagaimana menurut pendapatmu mengenai lingkungan yang ada di sekolahmu?
2. Apa yang disebut dengan lingkungan alam?
3. Sebutkan macam-macam benda yang termasuk lingkungan alam?
4. Apa yang dimaksud dengan lingkungan buatan?

5. Sebutkan macam-macam benda yang termasuk lingkungan buatan?

No comments:

Post a Comment