Google Search

Tuesday, May 30, 2017

Mengenal Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa


Ayah Adrian bekerja sebagai arsitek. Sebagai seorang arsitek, Ia suka menggambar rancangan rumah. Ia juga suka membangun rumah dan gedung-gedung. Orang-orang suka meminta ayah Adrian untuk merancang bangunan. Orang-orang merasa senang dan puas dengan pekerjaan ayah Adrian.
Sebelumnya, kamu telah mengetahui pekerjaan yang dapat menghasilkan barang. Sekarang kamu akan membahas pekerjaan yang menghasilkan jasa. Pekerjaan menghasilkan jasa yaitu pekerjaan yang hasil kerjanya dapat dirasakan oleh konsumennya. Misalnya, rasa puas.
Berikut ini beberapa pekerjaan yang menghasilkan jasa.
1. Dokter
Dokter bekerja untuk mengobati orang yang sakit. Jadi, jasa yang diberikan dokter yaitu pemeriksaan dan pengobatan kepada pasien. Tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Untuk menjadi dokter, kamu harus mengikuti pendidikan agar mempunyai ilmu dan gelar dalam bidang kedokteran.
2. Guru
Guru bekerja sebagai pengajar. Guru mengajar dan mendidik siswa agar siswa tersebut pandai. Jadi, jasa guru yaitu mengajari siswa. Untuk menjadi seorang guru, kamu harus belajar atau kuliah ilmu tentang pendidikan.
3. Pemangkas rambut
Pemangkas rambut yaitu pekerjaan memotong rambut. Jasa yang diberikan pemangkas rambut yaitu memotong dan merapikan rambut. Hasilnya rambut kita akan rapi. Kita pun akan merasa senang. Untuk menjadi pemangkas rambut kamu harus memiliki keterampilan momotong rambut.
4. Polisi
Polisi bekerja melayani masyarakat dalam bentuk keamanan. Keamanan tersebut antara lain keamanan berlalu lintas. Polisi lalu lintas bekerja mengatur lalu lintas. Jasa polisi tersebut dapat kita rasakan dari lalu lintas yang menjadi tertib. Untuk menjadi polisi kamu harus sekolah khusus calon polisi.
5. Montir
Montir bekerja memperbaiki kendaraan. Jasa montir dapat kita rasakan dari kendaraan yang nyaman digunakan setelah diperbaiki. Jika kamu ingin menjadi montir, kamu harus punya keterampilan memperbaiki kendaraan.
6. Tukang ojek
Tukang ojek harus bisa mengendarai sepeda motor. Tukang ojek memberikan jasa kepada penumpangnya. Jasa tersebut berupa jasa antar ke tempat yang dituju penumpang.
7. Sopir
Sopir kerjanya sama dengan tukang ojek. Sopir mengantar penumpangnya ke tempat tujuan penumpang tersebut. Sopir dapat memberikan pelayanan antar dan keamanan bagi penumpang. Sopir tidak boleh menjalankan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Dengan begitu, penumpang akan merasa puas dengan jasa yang diberikan sopir.

Kegiatan 2

Lengkapi kalimat berikut dengan kata-kata yang ada pada kotak!
1. Rambut Adrian jadi rapi karena jasa ________
2. Ibu di periska oleh ________ di rumah sakit.
3. Bu Ani mengajar di SD Nusa Bangsa. Bu Ani bekerja sebagai ________
4. Pak Singgih sedang merancang gedung untuk rumah sakit. Pak Singgih bekerja sebagai ________
5. Andreas mengucapkan terima kasih kepada ________ sambil memberikan ongkosnya.

sopir     guru     arsitek     dokter     pemangkas rambut

Kegiatan 3

Kerjakan secara berkelompok (satu kelompok terdiri dari lima orang). Tuliskan pekerjaan yang diinginkan kelak oleh anggota kelompokmu dan jelaskan alasannya.

Tes Kemampuan

Jelaskanlah pekerjaan orang tuamu dan kerabatmu pada kolom berkut!

No.
Kerabat
Pekerjaan
Menghasilkan
Barang
Menghasilkan
Jasa
1.
2.
3.




Kesanku

Banyak jenis pekerjaan yang ditekuni orang-orang. Kamu harus menghormati dan menghargai berbagai jenis pekerjaan. Dengan bekerja, seseorang dapat memenuhi kebutuhannya dan membantu memenuhi kebutuhan orang lain. Pekerjaan apa yang kamu inginkan kelak?

Rangkuman

1. Pekerjaan adalah usaha mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2. Ada dua jenis pekerjaan yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.
3. Pekerjaan yang menghasilkan barang contohnya industri, peternak, petani, nelayan, dan petani ikan.
4. Pekerjaan yang menghasilkan jasa contohnya sopir, guru, dokter, arsitek, tukang ojek, dan pemangkas rambut.



No comments:

Post a Comment