Google Search

Saturday, March 18, 2017

pengalaman diri


1.     pergi ke bank

namaku lala
hari senin siang
aku diajak ayah
pergi ke bank
aku dan ayah
naik motor

setelah sampai di bank
aku senang
bank itu besar
dan mewah
ayah membuka pintu
aku ikut masuk
bank ada satpam
ada pula karyawan
tahukah kamu
apa bank itu
bank adalah tempat
menyimpan uang
juga menukar uang
atau meminjam uang
ayah ingin menabung
ayah mengambil
kartu antrian
supaya tertib
ayah mengisi data
di rekening
kata ayah
jika menabung
kita akan kaya
kita akan beruntung

Ayo Berlatih

1.      lala dan ayahnya pergi ke
2.      lala dan ayahnya ke bank naik
3.      bank adalah tempat
4.      bank juga untuk
5.      bank juga tempat
6.      ayah ingin
7.      saat menabung harus
8.      kebiasaan antri agar selalu
9.      buku tabungan disebut
10.  rajin menabung akan

2.     mobil baru

kemarin ada mobil
berhenti di depan
rumah lala
lala bertanya
siapa yang datang
ibu lala tersenyum
lala gembira
ayah lala pulang
membawa mobil baru
kata ayah lala
bisa beli mobil
karena rajin menabung

lala sangat senang
mulai sekarang
ia diantar ayahnya
sekolah naik mobil
pulang sekolah
lala juga dijemput
lala diajak
ke toko baju
lala dibelikan baju
oleh ayahnya

penjual            : beli apa pak
ayah                : ingin membeli baju untuk anak saya
penjual            : silahkan pilih pak
ayah                : lala kau suka warna apa
lala                  : warna merah yah
ayah                : anak saya suka warna merah berapa harganya
penjual            : lima puluh ribu
ayah                : tiga puluh ribu
penjual            : wah belum boleh tiga puluh lima ribu boleh lah
ayah                : baiklah pak

Ayo Berlatih

1.      mengapa lala kaget dan gembira saat ayahnya datang
2.      mengapa ayah lala bisa beli mobil
3.      setelah dijemput ayah lala ke mana
4.      lala memilih baju warna apa
5.      berapa harga bajunya

ini mobil ayah
mobil kijang
warna merah
mobilnya bagus
dan mengkilat
ini bagian bagian
mobil yang tampak

keterangan
1.      setir
setir bentuknya bulat gunanya untuk mengendalikan jalannya mobil
2.      kursi mobil
gunanya untuk duduk
3.      kaca mobil
kaca bisa dibuka dan ditutup untuk ventilasi udara
4.      bagasi
ada di belakang untuk menaruh barang
5.      roda
roda bentuknya bulat digunakan untuk berjalan roda ada bannya
6.      tempat mesin
menyimpan mesin mobil ada mesin mobil bisa berjalan
7.      lampu mobil
untuk penerangan agar saat malam bisa melihat jalan

Ayo Berlatih

1.      apakah ayahmu punya mobil
2.      apa warnanya
3.      bagian bagian mobil
a.    setir gunanya
b.    kursi mobil gunanya
c.     jendela mobil gunanya
d.    bagasi gunanya
e.    roda gunanya
f.      tempat mesin gunanya
g.    lampu mobil gunanya
4.      keuntungan naik mobil
5.      bahan bakar mobil
6.      mobil jalan di sebelah
7.      mobil harus menaati tata tertib
8.      sebutkan tata tertib lalu lintas
9.      siapa yang menertibkan lalu lintas
10.  bagaimana jika tata tertib lalu lintas dilanggar

3.     menjadi juara

menjelang hari kemerdekaan
kampungku ada lomba
anak anak ramai
mereka ikut berlomba
ada balap karung
sepeda lambat
dan makan kerupuk
menangkap belut
dan masih banyak
yang lain
aku ikut lomba
balap karung
aku lebih cepat
dari teman teman
aku menjadi juara
hatiku senang
aku mendapat hadiah
hadiahku sangat menarik
ketika menerima hadiah
semua bertepuk tangan
hatiku gembira
karena menjadi juara

kegiatan

ceritakan dengan bahasamu

isi bacaan di atas
tempat bercerita
menjelang peringatan
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
macam macam lomba
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
aku sebagai
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
aku mendapat . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
hatiku. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .


Ayo Berlatih

1.      sebutkan 2 nama lomba dalam bacaan
2.      bagaimana rasa hati orang menjadi juara
3.      lomba apakah yang kamu sukai
4.      pernahkah kamu mendapat juara
5.      acara apakah dalam cerita di atas

4.     jatuh dari sepeda

pada sore hari
aku pergi bermain
dengan teman temanku
waktu itu
hari sudah maghrib
aku belum pulang
karena asyik bersepeda

aku menyadari
hari mulai gelap
aku dan kawan kawan
ingin segera pulang

aku kayuh
keras keras sepedaku
teman temanku mengikuti

tanpa aku duga
aku seperti
balap sepeda
pada tikungan jalan
dari arah depan
ada motor
melaju kencang

aku gugup sekali
sepedaku menabrak teman
temanku dari belakang
juga menabrakku
aku sakit
tak sadarkan diri


5.     dirawat di rumah sakit

waktu bertabrakan
aku pingsan
tak sadarkan diri

cerita teman temanku
aku dibawa
ke rumah sakit
oleh teman ayahku
aku merasa pusing
aku menangis

di rumah sakit
aku dirawat baik
dokter dan perawat
ramah ramah

sakitku akhirnya sembuh
aku diperbolehkan pulang
pengalaman itu menyedihkan
aku tak mau
mengulang lagi
bersepeda sembarangan

Ayo Berlatih

hubungkan dengan garis
yang sesuai
bacaan di atas
antara peristiwa
dengan lanjutannya

no
peristiwa
garis penghubung
lanjutan
1
2
3
4
5
6
7
8
sepeda aku kayuh
tepat aku ada di
ada motor melaju
aku sakit dan
aku dirawat di
kepalaku terasa
aku dirawat oleh
dokter dan perawat melayani

·       tikungan jalan
·       tak sadarkan diri
·       dengan sekeras kerasnya
·       dengan cepat
·       rumah sakit
·       dokter dan perawat
·       pusing
·       dengan ramah

penting untuk diingat

pengalaman tidak boleh
kita lupakan
ada yang menyenangkan
ada yang menyedihkan

rangkuman

1.      bank tempat menyimpan dan mengambil uang
2.      dibelikan barang baru sangat menyenangkan
3.      menjadi juara sangat menyenangkan
4.      keadaan sakit sangat menyedihkan

glosarium

1.      bank . tempat menyimpan uang
2.      pengalaman . kejadian yang dialami

3.      rekening . buku tabungan

No comments:

Post a Comment