Google Search

Wednesday, March 15, 2017

macam macam keluarga


1.     keluarga pokok

namaku tito
ini foto ayahku
namanya buata rajasa
ayah bekerja
di rumah sakit
ia seorang dokter
ia suami ibu
yang baik
ia ayah penyayang
ayah sangat sabar
kami sayang padanya

ini foto ibuku
ia seorang guru SD
ibuku sangat cantik
ia istri ayah
ia ibu yang baik
setiap pagi
ibu membuatkan sarapan
ibu pandai menjahit
ibu sering membuatkan
baju untuk ayah
kakak dan aku

ini foto kakakku
namanya jaka pradana
ia anak pertama
aku anak kedua
ia kakak yang baik
ia sering membantu
aku belajar
ia juga anak
yang penurut
ibu dan ayah
ia kebanggaan keluarga

ini foto keluargaku
sedang berenang
aku latihan renang
adik juga latihan
tetapi sering
tenggelam
ayah segera menolong
ketika kami berkumpul
kami keluarga rukun
kami hidup bahagia
walau hidup sederhana

ayo lakukan

sebutkan nama nama
anggota keluargamu
yang ada di rumah

2.     keluarga tambahan

ini foto nenekku
nenek tidur di rumahku
kakek sudah meninggal
enam tahun yang lalu
nenek menyayangi kami
kami hormat padanya

nenek sering menemani
bermain di taman
melihat kami tertawa
nenek ikut tertawa
nenek suka cerita
ketika ibuku kecil
juga seperti aku
suka bermain main
dan mendengarkan dongeng

ini mbok minah
ia bekerja
di rumah kami
ia membantu memasak
menyapu mengepel
mbok minah
rajin bekerja
walaupun ia pembantu
kami menghormatinya
dan menganggapnya
sebagai keluarga

Ayo Berlatih

1.     ayah tito bernama
2.     apa pekerjaan ayah tito
3.     berapa jumlah anggota keluarga tito
4.     berapa jumlah anggota keluargamu

5.     sebutkan nama anggota keluargamu

No comments:

Post a Comment