Google Search

Tuesday, May 2, 2017

Manfaat Lingkungan Alam dan Buatan bagi Kehidupan


Adrian sedang belajar kelompok bersama temannya. Mereka belajar di taman. Mereka sedang mengamati kupu-kupu. Mereka sangat senang bisa belajar langsung dari alam. Kata pak guru, lingkungan alam seperti tumbuhan, hewan, taman, sawah, dan sungai dapat menjadi sarana belajar.
Waktu berlibur di rumah nenek juga Adrian menikmati keindahan sawah, ladang, dan sungai. Selain menjadi pemandangan indah, sawah juga dapat menghasilkan padi. Ladang dapat ditanami sayuran atau buah-buahan sehingga kita dapat memetik dan menikmatinya. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu suka belajar di taman seperti Adrian dan temannya? Mungkin, di antara kamu ada yang suka membantu orang tuanya memetik jagung atau sayuran di ladang?
Ternyata, segala sesuatu di alam semesta ini memiliki manfaat. Lingkungan alam seperti sawah dan ladang menjadi sumber makanan. Hal itu karena sawah dan ladang dapat menghasilkan berbagai tanaman. Sungai juga bermanfaat bagi kehidupan. Sungai dapat menjadi sumber air untuk mengairi sawah dan kolam. Air sungai juga dapat dialirkan ke rumah untuk kebutuhan mencuci atau mandi.
Sementara itu, lingkungan alam yang ada di sekolah dapat dijadikan media pembelajaran. Misalnya, taman sekolah. Taman sekolah dapat memberikan kesejukan. Taman sekolah juga dapat dijadikan tempat belajar, seperti belajar tentang hewan dan tumbuhan. Selain taman sekolah, ada juga kebun sekolah. Kebun sekolah dapat dijadikan tempat praktik bertani. Di kebun itu, kamu dapat belajar bercocok tanam. Kamu juga dapat belajar mencangkul dan merawat tanaman.
Sekarang, coba kamu sebutkan manfaat lingkungan buatan? Lingkungan buatan yang ada di sekitar rumah tentu bermanfaat bagi penghuni rumahnya. Misalnya, pakaian bermanfaat untuk menutup tubuh. Bangunan rumah bermanfaat sebagai tempat tinggal. Lingkungan buatan lainnya seperti jalan berguna sebagai tempat berjalan dan berlalu lintas kendaraan. Dengan adanya jalan, kamu dapat pergi ke sekolah, baik dengan berjalan kaki, dengan sepeda, atau dengan kendaraan seperti mobil. Jalan juga bermanfaat untuk menyalurkan hasil pertanian dari desa ke kota-kota. Di sekolah, lingkungan buatan dapat mendukung proses belajar. Ruang kelas dapat berguna sebagai tempat belajar. Buku dan pensil bermanfaat untuk menulis. Meja bermanfaat sebagai alas menulis. Kursi bemanfaat sebagai tempat duduk. Perpustakaan berguna sebagai tempat membaca dan meminjam buku. Lapangan basket berguna sebagai tempat olahraga.

Kegiatan 2

Kerjakanlah secara berkelompok!
Amati lingkungan di sekitar rumahmu. Tuliskan lingkungan alam dan buatan yang terdapat di sekitar rumahmu.

Tes Kemampuan

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Apa saja manfaat lingkungan alam di sekolahmu?
2. Apa saja manfaat rumah?
3. Di mana kamu dapat belajar berkebun?
4. Bagaimana kalau tidak ada jalan di daerahmu?
5. Apa saja manfaat sawah, ladang, dan sungai?

Kesanku

Lingkungan alam dan lingkungan buatan memberikan manfaat bagi kehidupan kita. Namun, lingkungan tersebut akan berkurang manfaatnya jika kita tidak merawatnya dengan baik. Untuk itu, kamu harus menjaga lingkungan alam sekitarmu dan merawat lingkungan buatan. Dengan begitu, kamu akan terus merasakan manfaat dari kedua lingkungan terebut.

Rangkuman

1. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di tempat kita hidup dan memberikan pengaruh kepada kehidupan kita.
2. Lingkungan alam terdiri atas lingkungan alam dan lingkungan buatan.
3. Lingkungan alam merupakan lingkungan yang sudah ada di alam. Misalnya, sawah, sungai, tanah, air, hewan, dan tumbuhan.
3. Lingkungan buatan adalah lingkungan buatan manusia yang menggunakan bahan dari alam. Misalnya, rumah, sekolah, jalan, dan pakaian.
4. Lingkungan alam dan buatan memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan, baik sebagai sarana untuk belajar maupun untuk keperluan sehari-hari. Misalnya, sawah dapat menghasilkan padi untuk dijadikan beras dan dimakan oleh manusia.
5. Lingkungan buatan bermanfaat sebagai sarana pemenuhan kebutuhan bagi manusia. Misalnya, jalan untuk berjalan dan berkendaraan.


No comments:

Post a Comment