Google Search

Sunday, May 21, 2017

Kerjasama di Rumah


Sekarang, Yasmin akan membersihkan rumah bersama keluarganya. Yasmin sudah menyiapkan alat-alat kebersihannya. Sapu, lap pel, dan sapu lidi sudah disiapkan.
Ayah Yasmin menyapu halaman rumah. Ibu Yasmin mengepel rumah. Yasmin menyiram bunga. Tidak sampai lama, rumah Yasmin sudah tampak bersih. Mereka terlihat sangat senang. Kata ayah Yasmin, dengan bekerjasama pekerjaan akan cepat selesai. Rumah pun terlihat rapi dan bersih.
Tentu kamu juga suka membersihkan rumah. Kamu dapat mengerjakannya bersama saudara dan orang tuamu. Dalam kerjasama ini, ibu atau ayahmu dapat membimbingmu. Mereka juga dapat membagikan tugas. Misalnya, kamu menyapu dan kakakmu mengepel. Dengan begitu, semua anggota keluarga ikut bekerja.
Pekerjaan cepat selesai. Rumah pun akan menjadi asri.
Selain membersihkan rumah, masih banyak kerjasama yang dapat dilakukan di rumah. Kerjasama tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Memelihara Kenyamanan Rumah
Rumah yang nyaman menjadi dambaan setiap orang. Kamu pasti akan senang jika rumahmu bersih. Untuk itu, kamu dan keluargamu harus menjaga rumahmu. Kamu harus bekerjasama membersihkan rumah. Kamu dan keluargamu pun harus bekerjasama memperbaiki rumah jika ada kerusakan. Misalnya, ada genting yang bocor. Kamu harus membantu ayahmu memperbaikinya. Kamu dapat membantu sesuai dengan kemampuanmu. Dengan begitu, pekerjaan akan terasa ringan dan cepat selesai.
2. Memanfaatkan Halaman
Memanfaatkan rumah dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan keluargamu. Misalnya, menanam bunga, dan menanam sayuran. Bagi kamu yang tinggal di pedesaan, biasanya halaman rumahnya luas dan dekat dengan sawah atau kebun. Nah, kamu dapat menanami halamanmu dengan tanaman. Kamu dan anggota keluarga lainnya dapat berbagi tugas. Misalnya, ayahmu mencangkul untuk menggemburkan tanah. Ibumu menanamkan benih bunga atau tanaman. Kamu membantu menanam. Dengan begitu, kamu dapat mengerjakan kegiatan ini dengan cepat. Halaman rumah pun akan lebih bermanfaat.
3. Penghijauan di Sekitar Rumah
Halaman di sekitar rumah akan terasa sejuk jika ditanami pepohonan. Kamu dapat menanamnya bersama keluargamu. Dengan begitu, pekerjaan cepat selesai.
4. Menjaga Keamanan Rumah
Kamu pasti senang tinggal di rumah jika rumahmu aman. Aman artinya tidak ada gangguan. Gangguan tersebut misalnya ada binatang buas, sering terkena banjir atau longsor, dan suka ada perampokan.
Menjaga keamanan rumah itu tanggung jawab semua anggota keluarga. Untuk itu, kamu harus bekerjasama dengan saudara dan orang tuamu untuk menjaganya. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan rumah yaitu sebagai berikut.
a. Mengunci rumah saat akan bepergian.
b. Menanyakan identitas tamu saat ada tamu yang tidak dikenal.
c. Tidak meninggalkan anak-anak di rumah.
5. Mengerjakan Pekerjaan Sehari-hari.
Setiap hari, di rumah banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Misalnya, mencuci piring, mencuci pakaian, menyiram bunga, memasak, mencuci kendaraan, dan menyetrika. Semua pekerjaan itu akan cepat selesai jika dikerjakan bersama-sama. Kamu dapat mengerjakan pekerjaan rumah itu semampumu. Kamu dapat membatu mencuci piring saat ibumu memasak.

Kegiatan 1

Sebutkan kerjasama yang biasa dilakukan di rumah!

Tes Kemampuan

Lakukan kerjasama di rumahmu untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari. Tuliskan kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota keluarga!

No.
Nama Anggota Keluarga
Kegiatan
1
2
3
4
5




No comments:

Post a Comment