Google Search

Monday, May 22, 2017

Kerjasama di Kelurahan/Desa


Setiap bulan di kelurahan tempat tinggal Adrian suka mengadakan kerja bakti. Kerja bakti tersebut biasanya membersihkan selokan dan tempat-tempat umum.
Sekarang, ayah Adrian akan ikut kerja bakti di kelurahan. Kelurahan adalah pemerintahan setingkat desa. Kelurahan dipimpin oleh lurah. Namun, kelurahan biasanya ada di perkotaan. Sedangkan desa merupakan satu wilayah yang dipimpin oleh seorang kepala desa. Istilah desa biasanya digunakan di pedesaan.
Kerja bakti tersebut untuk membersihkan dan merapikan jalan di kelurahan. Semua warga kelurahan ikut kerja bakti itu. Mereka bergotong royong membersihkan jalan. Dengan gotong royong, pembersihan jalan lebih cepat selesai. Semua warga pun dapat menikmati jalan yang rapi.
Warga desa atau kelurahan harus memiliki rasa kebersamaan. Rasa kebersamaan itu dapat diterapkan dengan kerjasama dalam melakukan kegiatan. Kerjasama disebut juga gotong royong. Misalnya, gotong royong membersihkan tempat ibadah. Kamu dapat ikut serta dalam kerjasama tersebut.
Di pedesaan, warganya masih sering melakukan kerjasama. Sementara, di kota, kerjasama antarwarga kelurahan sudah jarang. Hal itu karena warga kota sibuk bekerja dan jarang berhubungan dengan warga lain.
Berikut ini ada beberapa cara penerapan kerjasama di desa atau kelurahan.
1.        Kerjasama Membersihkan Lingkungan
Lingkungan kelurahan/desa akan kelihatan indah dan sehat jika bersih dan rapi. Untuk menata lingkungan kelurahan/desa dapat dilakukan oleh seluruh warga desa atau kelurahan dengan kerjasama. Misalnya, membersihkan dan menata jalan desa atau kelurahan.
2.        Kerjasama Merawat Balai Pertemuan
Balai pertemuan adalah sebuah tempat untuk melaksanakan musyawarah warga desa atau kelurahan. Membersihkan dan merawat balai pertemuan merupakan pekerjaan yang berat jika hanya dilakukan sendirian. Untuk itu agar tidak terasa berat, seluruh warga desa atau kelurahan dapat bekerjasama merawatnya.
3.        Kerjasama Membangun Tempat Ibadah
Rumah ibadah dangat dibuuhkan masyarakat. Masyarakat kita tidak membeda-bedakan antara agama yang satu dan yang lain. Misalnya, pada saat membangun tempat ibadah secara bersama-sama masyarakat membangunnya. Hasilnya, semua masyarakat dapat menggunakannya dengan nyaman.
4.        Kerjasama Membangun Tanggul
Di pedesaan tanggul diperlukan untuk pengairan sawah. Di kota, pada umumnya tanggul diperlukan untuk mencegah banjir. Pembangunan tanggul ini dapat dilakukan dengan kerjasama antarwarga desa atau kelurahan. Dengan begitu, pembangunan tanggul cepat selesai. Tanggul pun dapat segera digunakan oleh masyarakat.
5.        Kerjasama Mengamankan Lingkungan
Keamanan lingkungan dapat menjamin ketentraman hidup warga. Untuk itu warga desa atau kelurahan harus bekerjasama menjaga keamanan lingkungan. Misalnya, melakukan ronda secara bergiliran.

Kegiatan 3

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Apa saja contoh kerjasama di desa atau kelurahan?
2. Siapa yang bertanggung jawab atas kebersihan desa atau kelurahan?
3. Apa yang didapatkan jika pekerjaan dilakukan dengan bekerjasama?

Tes Kemampuan

Ikutlah dengan orang tuamu untuk kerja bakti di desa atau kelurahan. Kamu juga dapat mengikuti kerja bakti di lingkungan RT. Misalnya, ikut membersihkan lingkungan. Setelah selesai, tulislah kegiatanmu dalam kerja bakti tersebut! Kamu dapat menulisnya seperti contoh berikut.

Laporan Kerja Bakti di Desa/Kelurahan

Nama           : Agata
Kelas            : 3
Jenis kegiatan yang dilakukan: Membersihkan Jalan

Tempat kegiatan: Lingkungan kelurahan Sariwangi
Penjelasan tentang kegiatan:
Saya mengikuti kerja bakti membersihkan jalan di kelurahan. Kerja bakti ini dilakukan oleh semua warga kelurahan. Dalam kerja bakti itu, saya menyiangi rumput di tepi jalan.

Kesanku
Dalam pelajaran ini, kamu sudah belajar tentang kerjasama di rumah, sekolah, dan desa atau kelurahan. Kamu harus menerapkan kerjasama itu dalam kehidupan sehari-hari. Ayo, lakukan kerjasama.

Rangkuman

1. Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara bersamasama untuk mencapai tujuan yang sama agar pekerjaan tersebut cepat selesai.
2. Kerjasama mempunyai banyak manfaat antara lain pekerjaan cepat selesai dan terasa ringan serta saling mengenal dan akrab antarwarga.
3. Kerjasama dapat dilakukan di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa.
4. Contoh kejasama di rumah yaitu kerjasama membersihkan rumah dan halamannya.
5. Contoh kerjasama di sekolah yaitu kerjasama membersihkan kelas.
6. Kerjasama di desa atau kelurahan dapat terapkan dengan kerjasama membersihkan lingkungan desa atau kelurahan.



No comments:

Post a Comment