Google Search

Thursday, May 4, 2017

Cara Pelestarian Lingkungan


Adrian sangat senang mengikuti kegiatan “Menanam Seribu Pohon”. Dengan kegiatan itu, Adrian menjadi tahu cara menanam pohon. Adrian juga menjadi tahu cara memelihara pohon-pohon yang sudah ada. Jika pohon sudah tumbuh, udara akan jadi sejuk. Tanah pun akan lebih cepat menyerap air.
Selain menanam pohon, Adrian dan teman-temannya di haruskan membuang sampah pada tempatnya. Mereka juga harus membersihkan kelas dengan rutin. Dengan begitu, kelas Adrian akan selalu bersih dan terawat. Kamu juga pasti suka menjaga kebersihan rumah dan sekolahmu. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara melestarikan lingkungan. Tahukah kamu apa pelestarian lingkungan itu?
Pelestarian lingkungan adalah usaha untuk selalu memelihara lingkungan agar lingkungan yang telah ada tidak rusak. Lingkungan alam yang dipelihara kelestariannya akan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya, menjaga dan merawat pohon sehingga pohon dapat memberikan udara segar bagi manusia.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya.
Selain membuang sampah pada tempatnya, ada lagi cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelestarian alam. Cara-cara tersebut antara lain sebagai berikut.
    1.   Menggunakan Lingkungan Sebaik-baiknya Lingkungan alam dan buatan diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk kelangsungan hidup manusia. Karenanya, kita dapat menggunakan lingkungan tersebut. Akan tetapi, kita harus menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebih-lebihan. Misalnya, tidak menebang pohon berlebihan sampai hutan menjadi gundul.
     2.   Tidak Merusak Lingkungan yang Ada Manusia dapat menggunakan alam untuk sumber makanan atau untuk usaha produksi barang. Namun, ingat jangan sampai merusak alam dengan membuang sampah atau limbah sembarangan. Misalnya, membuang sampah atau limbah pabrik ke sungai. Hal itu akan membuat air sungai tercemar.
     3.   Menjaga Kesuburan Tanah
Tanah merupakan lingkungan alam yang banyak manfaatnya. Tanah dapat kita gunakan untuk mendirikan rumah. Tanah juga bisa berguna untuk menyerap air dan bertanam. Agar tanah terus memberikan manfaat, kita harus merawatnya. Misalnya, tanah untuk pertanian harus dirawat dengan cara digemburkan, dibajak, dan diberi pupuk. Dengan begitu, tanah, terutama tanah pertanian dapat menghasilkan tanaman yang baik.
     4.   Menggunakan Lingkungan Alam Sesuai AturanMemelihara lingkungan dapat dilakukan dengan menggunakan lingkungan alam sesuai dengan aturan yang berlaku. Aturan tersebut antara lain sebagai berikut.
a.   Tidak boleh menebang pohon jati yang masih muda.
b.   Ada kewajiban menanam pohon jati setelah menebang pohon jati yang sudah tua.
c.   saat mencari air untuk mengairi sawah jangan sampai dengan cara membobol tanggul sungai.

Kegiatan 1

Tunjukkan kegiatan yang termasuk pemeliharaan lingkungan alam. Berilah tanda centang ( ) pada kolom yang tepat. Sebelumnya, salin kolom berikut di buku tugasmu!

No.
Kegiatan
Memelihara Alam
Merusak Alam
1.
2.
3.
4.
5.
6.
menanam pohon
menggunduli hutan
memupuk sawah
membobol tanggul
membajak sawah
membuang sampah



Tes Kemampuan

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Apa saja cara-cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan alam?
2. Mengapa kita harus melestarikan lingkungan?
3. Bagaimana menurut pendapatmu tentang pembunuhan tikus secara besar-besaran di sawah?
4. Bagaimana cara memelihara tanah agar tetap subur?
5. Apa yang harus kita lakukan agar hutan tidak rusak?


No comments:

Post a Comment