Adrian sedang belajar
kelompok bersama temannya. Mereka belajar di taman. Mereka sedang mengamati
kupu-kupu. Mereka sangat senang bisa belajar langsung dari alam. Kata pak guru,
lingkungan alam seperti tumbuhan, hewan, taman, sawah, dan sungai dapat menjadi
sarana belajar.
Waktu berlibur di rumah
nenek juga Adrian menikmati keindahan sawah, ladang, dan sungai. Selain menjadi
pemandangan indah, sawah juga dapat menghasilkan padi. Ladang dapat ditanami
sayuran atau buah-buahan sehingga kita dapat memetik dan menikmatinya. Nah,
bagaimana dengan kamu? Apakah kamu suka belajar di taman seperti Adrian dan
temannya? Mungkin, di antara kamu ada yang suka membantu orang tuanya memetik
jagung atau sayuran di ladang?
Ternyata, segala sesuatu
di alam semesta ini memiliki manfaat. Lingkungan alam seperti sawah dan ladang
menjadi sumber makanan. Hal itu karena sawah dan ladang dapat menghasilkan
berbagai tanaman. Sungai juga bermanfaat bagi kehidupan. Sungai dapat menjadi
sumber air untuk mengairi sawah dan kolam. Air sungai juga dapat dialirkan ke
rumah untuk kebutuhan mencuci atau mandi.
Sementara itu,
lingkungan alam yang ada di sekolah dapat dijadikan media pembelajaran.
Misalnya, taman sekolah. Taman sekolah dapat memberikan kesejukan. Taman
sekolah juga dapat dijadikan tempat belajar, seperti belajar tentang hewan dan
tumbuhan. Selain taman sekolah, ada juga kebun sekolah. Kebun sekolah dapat
dijadikan tempat praktik bertani. Di kebun itu, kamu dapat belajar bercocok
tanam. Kamu juga dapat belajar mencangkul dan merawat tanaman.
Sekarang, coba kamu
sebutkan manfaat lingkungan buatan? Lingkungan buatan yang ada di sekitar rumah
tentu bermanfaat bagi penghuni rumahnya. Misalnya, pakaian bermanfaat untuk
menutup tubuh. Bangunan rumah bermanfaat sebagai tempat tinggal. Lingkungan
buatan lainnya seperti jalan berguna sebagai tempat berjalan dan berlalu lintas
kendaraan. Dengan adanya jalan, kamu dapat pergi ke sekolah, baik dengan
berjalan kaki, dengan sepeda, atau dengan kendaraan seperti mobil. Jalan juga
bermanfaat untuk menyalurkan hasil pertanian dari desa ke kota-kota. Di
sekolah, lingkungan buatan dapat mendukung proses belajar. Ruang kelas dapat berguna
sebagai tempat belajar. Buku dan pensil bermanfaat untuk menulis. Meja
bermanfaat sebagai alas menulis. Kursi bemanfaat sebagai tempat duduk.
Perpustakaan berguna sebagai tempat membaca dan meminjam buku. Lapangan basket
berguna sebagai tempat olahraga.
Kegiatan 2
Kerjakanlah secara
berkelompok!
Amati lingkungan di
sekitar rumahmu. Tuliskan lingkungan alam dan buatan yang terdapat di sekitar
rumahmu.
Tes Kemampuan
Jawablah pertanyaan
berikut dengan tepat!
1. Apa saja manfaat
lingkungan alam di sekolahmu?
2. Apa saja manfaat
rumah?
3. Di mana kamu dapat
belajar berkebun?
4. Bagaimana kalau tidak
ada jalan di daerahmu?
5. Apa saja manfaat sawah,
ladang, dan sungai?
Kesanku
Lingkungan alam dan
lingkungan buatan memberikan manfaat bagi kehidupan kita. Namun, lingkungan
tersebut akan berkurang manfaatnya jika kita tidak merawatnya dengan baik.
Untuk itu, kamu harus menjaga lingkungan alam sekitarmu dan merawat lingkungan
buatan. Dengan begitu, kamu akan terus merasakan manfaat dari kedua lingkungan
terebut.
Rangkuman
1. Lingkungan adalah
segala sesuatu yang berada di tempat kita hidup dan memberikan pengaruh kepada
kehidupan kita.
2. Lingkungan alam
terdiri atas lingkungan alam dan lingkungan buatan.
3. Lingkungan alam
merupakan lingkungan yang sudah ada di alam. Misalnya, sawah, sungai, tanah,
air, hewan, dan tumbuhan.
3. Lingkungan buatan
adalah lingkungan buatan manusia yang menggunakan bahan dari alam. Misalnya,
rumah, sekolah, jalan, dan pakaian.
4. Lingkungan alam dan
buatan memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan, baik sebagai sarana untuk
belajar maupun untuk keperluan sehari-hari. Misalnya, sawah dapat menghasilkan
padi untuk dijadikan beras dan dimakan oleh manusia.
5. Lingkungan buatan
bermanfaat sebagai sarana pemenuhan kebutuhan bagi manusia. Misalnya, jalan
untuk berjalan dan berkendaraan.
No comments:
Post a Comment