Mata Pelajaran : IPS Jumlah : 45
Kelas/Semester : VII / Genap Penulis :
Purwanto, S.Pd
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator soal
|
Bentuk soal
|
No. soal
|
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan
lingkungannya.
|
4.1. Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk
mendapatkan informasi keruangan
|
Syarat peta
|
Siswa dapat
mengidentifikasi syarat peta yang baik
|
PG
|
1
|
Jenis peta
|
Siswa dapat
menjelaskan pengertian peta topografi
|
PG
|
2
|
||
Unsur peta
|
Siswa dapat
menyebutkan kegunaan garis lintang dan bujur
|
Essay
|
41
|
||
Skala peta
|
Siswa dapat menghitung
skala peta
|
PG
|
3
|
||
Atlas
|
Siswa dapat
mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat pada peta
|
PG
|
4
|
||
4.2.Membuat sketsa dan peta
wilayah yang menggam barkan obyek geografi
|
Deskripsikan kondisi geografis suatu wilayah
pada peta
|
Siswa dapat menjelaskan
dampak positif letak geologis wilayah Indonesia
|
PG
|
5
|
|
Deskripsi kondidi penduduk suatu wilayah
|
Siswa dapat
menyebutkan pemanfaatan lahan pantai
|
PG
|
6
|
||
Kaitan antara kondisi geografis dengan
keadaan penduduk
|
Siswa dapat
memberikan contoh keterkaitan bentuk muka bumi dengan kegiatan ekonomi
penduduk
|
PG
|
7
|
||
4.3. Mendeskripsikan kondisi
geografis dan penduduk
|
Sifat fisik atmosfer
|
Siswa dapat
menyebutkan letak lapisan ozon
|
PG
|
8
|
|
Unsur-unsur cuaca dan iklim
|
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh angin muson
|
PG
|
9
|
||
Jenis-jenis air permukaan dan air
tanah
|
Siswa dapat
mengidentifikasi jenis sungai di pulau jawa
|
PG
|
10
|
||
Siswa dapat
mengidentifikasi jenis danau berdasarkan proses terjadinya
|
PG
|
11
|
|||
Perairan laut
|
Siswa dapat
mengidentifikasi zona laut berdasarkan kedalamannya
|
Essay
|
42
|
||
5. Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa
Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa
|
5.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-peninggalannya.
|
Agama hindu
|
Siswa dapat
menyebutkan kasta agama hindu
|
PG
|
12
|
Perkembangan kerajaan hindu buddha
(kutai, tarumanegara, medang, mataram, sriwijaya, Kediri singasari, dan
majapahit
|
Siswa dapat
menjelaskan prasasti kerajaan tarumanegara
|
PG
|
13
|
||
Siswa dapat
mejelaskan faktor pendorong berdirinya kerajaan sriwijaya
|
PG
|
14
|
|||
Siswa dapat
menjelaskan alasan raja airlangga membagi kerajaan medang
|
PG
|
15
|
|||
Siswa dapat
menjelaskan hubungan social budaya kerajaan majapahit dengan Negara tetangga
|
PG
|
16
|
|||
Siswa dapat
menyebutkan factor penyebab kemunduran kerajaan majapahit
|
Essay
|
43
|
|||
Peninggalan sejarah kerajaan yang
bercorak hindu buddha
|
Siswa dapat
mengidentifikasi candi bercorak buddha
|
PG
|
17
|
||
5.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan,
dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta
peninggalan-peninggalannya
|
Saluran-saluran islamisasi di
Indonesia
|
Siswa dapat
mengidentifikasi saluran islamisasi yang dilakukan walisongo
|
PG
|
18
|
|
Cara yang digunakan oleh
walisongo/ulama lainnya dalam menyebarkan agama islam
|
Siswa dapat
menyebutkan ajaran MO Limo yang dikemukakan Sunan Ampel
|
PG
|
19
|
||
Kronologi perkembangan kerajaan
islam di berbagai wilayah Indonesia
|
Siswa dapat
mengidentifikasi isi perjanjian salatiga
|
PG
|
20
|
||
Contoh peninggalan-peninggalan
sejarah bercorak islam diberbagai daerah
|
Siswa dapat
menyebutkan seni sastra peninggalan sejarah islam
|
PG
|
21
|
||
5.3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial eropa
|
Proses masuknya bangsa-bangsa
eropa ke Indonesia
|
Siswa dapat
mengidentifikasi tujuan imperialism modern bangsa eropa
|
PG
|
22
|
|
Kedatangan belanda di Indonesia :
VOC
|
Siswa dapat
menyebutkan tujuan pendirian VOC
|
PG
|
23
|
||
Siswa dapat
menjelaskan maksud hak ekstripasi yang dimiliki VOC
|
PG
|
24
|
|||
Siswa dapat
menyebutkan hak oktroi yang dimiliki VOC
|
Essay
|
44
|
|||
Reaksi bangsa Indonesia terhadap
bangsa eropa, perlawanan terhadap portugis, spanyol, dan VOC
|
Siswa dapat
menjelaskan alasan pangeran Diponogoro melakukan perlawanan terhadap VOC
|
PG
|
25
|
||
Mendeskripsikan perkembangan
masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa colonial eropa
|
Siswa dapat
menjelaskan isi trias politika
|
PG
|
26
|
||
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
|
6.1. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk,
penggunaan lahan dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
|
Penggunaan lahan
|
Siswa dapat
menjelaskan peningkatan produksi pertanian melalui diversifikasi pertanian
|
PG
|
27
|
Siswa dapat
menjelaskan alasan pemerintah melarang pembakaran hutan untuk pembukaan
lading pertanian
|
PG
|
28
|
|||
Pola pemukiman penduduk (mengikuti
alur sungai, jalan dan pantai)
|
Siswa dapat
menjelaskan pola pemukiman penduduk menyebar
|
PG
|
29
|
||
6.2. mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang
meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
|
Kegiatan pokok ekonomi
|
Disajikan
contoh, siswa dapat menjelaskan kegiatan pokok ekonomi
|
PG
|
30
|
|
Aspek positif dan negative
perilaku konsumtif seseorang
|
Siswa dapat
menjelaskan alasan seseorang bersikap konsumtif
|
PG
|
31
|
||
System distribusi (langsung, tak
langsung dan semi langsung)
|
Siswa dapat
menyebutkan system distribusi semi langsung
|
PG
|
32
|
||
6.3. mendeskripsikan peran badan usaha termasuk
koperasi sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan
pelaku ekonomi
|
Macam-macam badan usaha (menurut
pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hokum)
|
Siswa dapat
dapat mengidentifikasi badan usaha berdasarkan lapangan usahanya
|
PG
|
33
|
|
Siswa dapat
menyebutkan kelebihan perusahaan perseorangan
|
Essay
|
45
|
|||
Siswa dapat
mengidentifikasi jenis anggota CV
|
PG
|
34
|
|||
Siswa dapat
menjelaskan pengertian PT kosong
|
PG
|
35
|
|||
Siswa dapat
mengidentifikasi jenis perusahaannya
|
PG
|
36
|
|||
Tujuan badan usaha (BUMN, BUMS,
dan Koperasi
|
Siswa dapat
menjelaskan tujuan BUMN
|
PG
|
37
|
||
6.4. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan
ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
|
Kreativitas dalam tindakan ekonomi
|
Siswa dapat
menjelaskan cara menciptakan gagasan kreatif
|
PG
|
38
|
|
Siswa dapat
menyebutkan pengertian kreativitas
|
PG
|
39
|
|||
Proses kemandirian dalam usaha
meningkatkan kesejahteraan
|
Siswa dapat
menjelaskan cara melatih kemandirian
|
PG
|
40
|
No comments:
Post a Comment